Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Buka Konferensi Auditor Intern Pemerintah Tahun 2014

Jakarta, 12/06/2014 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan M. Chatib Basri membuka konferensi Auditor Intern Pemerintah Tahun 2014 di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta pada Kamis (12/6). Tahun ini, tema konferesi adalah “Penerapan Paradigma Baru Pengawasan untuk Memenuhi Ekspektasi Pemangku Kepentingan dan Mengantisipasi Implikasi Hukum atas Kebijakan Publik”.


Dalam sambutannya, Menkeu berharap para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) memperluas perannya agar dapat memperbesar nilai tambah bagi organisasi. “Dalam perannya sebagai penjaga, APIP melakukan compliance audit dan memberikan saran koreksi atau perbaikan apabila ditemukan penyimpangan dalam audit. Ini biasanya hanya menghasilkan saran yang impact-nya jangka pendek,” paparnya. Oleh karena itu, ke depannya,rekomendasi yang dikeluarkan APIP diharapkan juga dapat berpengaruh hingga jangka menengah maupun jangka panjang.


Dalam acara ini juga dilakukan pengukuhan Ketua Umum AAIPI baru oleh Dewan Pembina, yang salah satunya adalah Menteri Keuangan. Selain itu, Menkeu juga menyaksikan Grand Launching Perangkat Profesi AAIPI berupa Standar Audit, Kode Etik, dan Pedoman Telaah Sejawat. Hadir pula dalam acara yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi, Wakil Menteri Keuangan I dan Kepala Badan Kepegawaian Negara. (as)

 

Selengkapnya: Peran APIP Dalam Mengantisipasi Implikasi Hukum Atas Kebijakan Publik