Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Buka Rapimnas Ditjen PBN

Jakarta, 11/11/2015 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro membuka Rapat Pimpinan Nasional Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Jakarta pada Selasa Malam (10/11). Rapat ini merupakan forum komunikasi, koordinasi dan konsolidasi antar pimpinan di lingkungan Ditjen PBN. Menkeu berharap hasil Rapimnas dapat mendukung seluruh pelaksanaan tugas dan fungsi serta tantangan yang sedang dihadapi bersama.


Sebagai tahun yang penuh tantangan dari global, seperti turunnya pertumbuhan di Tiongkok dan kelanjutan kebijakan tapering off Amerika Serikat, ekonomi Indonesia pun turut merasakan imbasnya. Menkeu mengatakan bahwa penurunan ekonomi ini juga berpengaruh pada pencapaian target penerimaan dari sektor perpajakan. Ini menjadi tantangan tersendiri pula bagi Ditjen PBN dalam mengelola cash flow pemerintah, agar belanja 2015 dapat tetap berjalan dengan aman dan terjaga, sehingga mampu menciptakan APBN yang berkelanjutan.


Di akhir tahun, tugas penting telah menunggu salah satunya adalah penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah tahun 2015. Tahun ini adalah tahun pertama LKPP menggunakan Sistem Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual. Untuk itu, Menkeu berharap bahwa opini audit BPK dapat mengalami peningkatan atau minimal sama dengan tahun 2014. (as)