Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Buka Seminar Integritas, Investigasi dan Etika Kepemimpinan

Jakarta, 19/03/2014 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri membuka acara seminar Integritas, Investigasi dan Etika Kepemimpinan yang digagas oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (19/3).


Kepada para peserta seminar yang berasal dari berbagai kementerian/lembaga (K/L), Menkeu berharap agar para peserta dapat mengambil masukan berharga bagi pengembangan integritas, investigasi, dan etika kepemimpinan dalam rangka meningkatkan perbaikan governance pada Pemerintahan Indonesia. Menkeu meyakini, integritas tidak hanya merupakan nilai utama bagi Kementerian Keuangan, tetapi juga bagi K/L lainnya.


Menurutnya, integritas sangat diperlukan untuk mewujudkan good and clean governance di lingkungan Pemerintahan Indonesia. Rendahnya integritas dinilai akan memunculkan perilaku koruptif yang merugikan bangsa.


Ia menambahkan bahwa untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, diperlukan pemimpin yang berkualitas dalam mengelola sumber daya organisasi. Pembentukan integritas bangsa secara ideal akan lebih mudah bila dimulai dari tingkat pemimpin, terutama para pemimpin lembaga publik yang menerima mandat dari rakyat untuk menjalankan penyelenggaraan negara.  


Menkeu  berharap, seluruh jajaran pimpinan di lingkungan Kementerian Keuangan, baik di kantor pusat dan daerah dapat menjadikan integritas dan etika sebagai landasan dalam bertindak dan mengambil keputusan, sehingga dapat menjadi teladan bagi pegawai lainnya.(kp)