Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Buka Sosialisasi PMK tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKAKL

Jakarta, 07/07/2014 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan M. Chatib Basri menegaskan bahwa penyusunan dan penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga (RKAKL) merupakan hal yang penting. Karena, RKAKL merupakan dokumen perencanaan penganggaran masing-masing KL, yang sifatnya sangat strategis bagi kelancaran kegiatan di KL. Oleh karena itu, dibutukan pedoman dalam pelaksanaannya.


“Pengaturan mengenai penyusunan dan penelaahan RKAKL, menurut hemat saya merupakan hal yang sangat strategis dan harus dibuatkan pedomannya secara jelas. Mengingat RKAKL merupakan dokumen perencaan penganggaran, yang memuat penjabaran rencana kerja yang akan dihasilkan oleh setiap KL,” jelas Menkeu saat membuka Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan tentang petunjuk penyusunan dan penelaahan RKAKL, di Aula Dhanapala, Jakarta pada Senin (7/7).


Menurut Menkeu, ketiadaan pedoman dalam penyusunan dan penelaahan RKAKL dapat menjadi permasalahan tersendiri. Permasalahan yang muncul kebanyakan karena ketidakjelasan dalam tata cara penyusunan dan penelaahan.


“Contoh, saat kita membahas RAPBNP 2014. Yang membuatnya menjadi lebih cepat karena kita sama-sama menentukan format yang sama, untuk pembahasan dalam komisi. Petunjuk penyusunan RKAKL ini menjadi penting, karena kita punya standar yang sama dan proses yang sama, sehingga bisa dimengerti semua pihak,” jelas Menkeu, (as)