Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menkeu Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu pembicara dalam talkshow interaktif We The Youth di Jakarta pada Sabtu (11/05).

Menkeu Cerita 'Kemana Uang Kita' kepada Generasi Milenial

Jakarta, 11/05/18 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati hadir dalam acara talkshow interaktif bertajuk We The Youth di Epicentrum XII Kuningan Jakarta pada Sabtu (11/05). Dalam kesempatan itu Menkeu membahas tema “Kemana Uang Kita?” kepada para peserta yang hadir yang mayoritas adalah generasi milenial. 

Bersama aktor Reza Rahadian, Menkeu membicarakan mulai dari pengelolaan keuangan negara hingga pajak dan bea cukai. Selain itu, Menkeu berdiskusi mengenai peran anak muda dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kalau anak muda sekarang kan nabung untuk traveling, kalau saya tetap memberi nasehat traveling di dalam negeri aja, supaya kontribusi (pajak retribusi) ke negara banyak, kalau anda traveling ke Jepang atau Bangkok, ya yang maju disana. Kita ke Raja ampat, Labuan Bajo, Dieng bagus-bagus kok disana,” kata Menkeu dalam menjawab peran anak muda dalam perekonomian.

Menkeu juga menjelaskan bagaimana mengelola keuangan negara, sebagai bendahara negara, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Menkeu mengelola keuangan negara, mengumpulkan pendapatan, melalui perpajakan dan bea cukai.

Selanjutnya Reza Rahadian juga menceritakan pengalaman saat membayar pajak. Saat itu Reza memberi kepercayaan dalam mengelola perpajakannya kepada orang yang lain, namun setelah bertemu dengan Menkeu, ia menjadi paham akan pentingnya peran pajak bagi negara.

“Saya jadi belajar banyak, kenapa kita harus membayar pajak? Kenapa kita harus melaporkan pajak? Seberapa penting tujuan dan fungsinya, untuk diri sendiri, setelah membayar pajak itu kayak oh ada suatu kewajiban sebagai warga negara yang sudah terpenuhi dan itu menjadi salah satu hal yang setidaknya bisa saya lakukan untuk negara ini,” ujar Reza. (fz/ind/rsa)