Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Cermati Inovasi-Inovasi DJBC

Jakarta, 31/1/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mencermati ada beberapa inovasi yang dilakukan di berbagai bidang oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), seperti organisasi, pelayanan dan pengawasan. Ini disampaikannya saat menjadi inspektur upacara memperingati Hari Pabean Internasional di Kantor Pusat DJBC, pada Rabu (30/1).

“Inovasi di bidang organisasi ditandai dengan dibentuknya kantor modern. Sudah 6 tahun dilakukan di unit vertikal. Pada 2012 seluruh KPPBC sudah menjadi kantor modern,” kata Menkeu. Inovasi kantor modern meupakan refleksi diri bahwa perubahan dari dalam juga diperlukan. “Saya harap tidak berhenti di tataran fisik dan administrasi saja. Tapi juga pola pikir kita semua, sikap dan cara kerja individu yang ada di bawah kantor modern,” tambahnya.

Kedua adalah inovasi di bidang pelayanan, dapat dilihat dari formulasi dan implementasi pendirian Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT). “TPFT adalah tempat penimbunan sementara di Tanjung Priok untuk lokasi pemeriksaan barang impor yang dilakukan DJBC atau bersama Badan Karantina,” jelas Menkeu. Dengan TPFT, kendala yang muncul dari dwelling time dapat diturunkan, sehingga daya saing indeks kinerja logistic nasional juga dapat meningkat.

Selanjutnya adalah inovasi di bidang pengawasan dengan adanya Customs Intelligence And Targeting Center, yang merupakan sistem yang didisain dalam sebuah ruangan yang mengintegrasikan kegiatan analisis dan kegiatan sesungguhnya di lapangan. “Ini untuk kepentingan menghasilkan target tertentu untuk kepentingan intelligence dan targeting atas pelanggaran ketentuan kepabeanan,” jelas Menkeu.

Dalam rangka peringatan Hari Pabean Internasional ini pula, Menkeu berharap DJBC harus bisa menggunakan momentum ini untuk berubah, keluar dari zona nyaman, dan rutinitas serta kebiasaan yang ada. (ikd)