Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu dan DPR Lanjutkan Pembahasan APBN–P 2011

Jakarta, 08/07/2011 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kembali menggelar rapat kerja (raker), guna membahas Pokok-Pokok Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011.

Terkait pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan sekitar 6,5 persen pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2011, Menkeu menjelaskan sejumlah faktor yang menjadi landasan, yaitu meningkatnya kinerja ekspor seiring dengan meningkatnya permintaan dunia terhadap barang-barang domestik. “Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan net ekspor Indonesia, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan  ekonomi Indonesia,” kata Menkeu pada Jumat (08/06).

Menkeu menambahkan, iklim investasi akan semakin kondusif seiring dengan peningkatan kredit rating Indonesia menjadi investment grade. “Revitalisasi pada sektor pertanian dan industri, serta pembangunan infrastruktur diharapkan dapat mendukung peningkatan produksi dan ekspor non migas,” katanya.

Sektor pertambangan, lanjut Menkeu, akan meningkat seiring dengan naiknya harga komoditas pertambangan internasional. “Penyerapan belanja modal juga diharapkan dapat optimal sehingga dapat memberikan multiplyer effect terhadap pembangunan nasional,” jelasnya.
(ak)