Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu dan MURI Mengapresiasi Gerakan Kemenkeu Mengajar

Jakarta, 18/11/2019 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Museum Rekor Indonesia (MURI) mengapresiasi gerakan sukarela Kemenkeu Mengajar yang sudah memasuki tahun ke-4 pada tahun 2019 ini. Kemenkeu Mengajar 4 telah dilaksanakan secara serentak pada hari Senin, (04/11) yang lalu. 

“Terlihat dari wajah Anda semuanya adalah kecintaan untuk melakukan sesuatu yang sifatnya sukarela. Itu adalah energi yang harus kita ciptakan, kita gulirkan," ucap Menkeu pada acara Malam Apresiasi Kemenkeu Mengajar 4 di Aula Mezzanine Gedung Djuanda I Kemenkeu pada Jum’at (15/11).

Kemenkeu juga menerima penghargaan Rekor Dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Program Kerelawanan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pertama di Bidang Pengembangan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar di Indonesia melalui Kemenkeu Mengajar. 
 
Para sukarelawan Kemenkeu Mengajar mengajarkan peran Kemenkeu menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan berbagai macam jenis profesi yang ada di Kemenkeu kepada anak Sekolah Dasar (SD). Para ASN Kemenkeu tersebut juga mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang dibawa oleh Kemenkeu antara lain keberagaman, toleransi, dan inklusifitas dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bagian dari semangat membangun generasi muda Indonesia mendatang, gerakan Kemenkeu Mengajar turut mengedukasi antara lain peningkatan literasi keuangan (financial literacy), pengenalan pajak kepada anak-anak SD sebagai pembayar pajak masa depan (future tax payers), dan menggelorakan semangat kerelawanan dan kontribusi sosial di lingkungan Kementerian Keuangan. 

Di akhir sambutannya Menkeu berpesan kepada seluruh pegawai Kemenkeu yang hadir dan menjadi relawan di Kemenkeu Mengajar agar gerakan ini makin besar, makin kreatif dan menjadi gerakan moral. 
      
Sebagai informasi, secara akumulatif Kemenkeu Mengajar telah dilaksanakan di 186 kota, 34 provinsi, menjangkau lebih dari 500 SD dan menyentuh lebih dari 100.000 murid di seluruh Indonesia. Adapun jumlah ASN Kemenkeu yang terlibat dalam gerakan ini terus meningkat setiap tahunnya di mana pada periode 2016-2019, tercatat lebih dari 10.000 ASN telah berpartisipasi dalam Kemenkeu Mengajar. (ip/hpy/nr)