Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Deflasi Mei Bentuk Upaya Mitigasi Pemerintah

Jakarta, 04/06/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengungkapkan, terjadinya deflasi sebesar 0,03 persen pada Bulan Mei ini karena upaya mitigasi pemerintah berjalan dengan baik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjaga pasokan kebutuhan pokok dengan memastikan distribusinya berjalan lancar. Demikian disampaikan Menkeu pada Senin (3/6) di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta.

"Jadi ini menunjukan upaya mitigasi dengan menjaga pasokan, jalur distribusi , mungkin bisa mencegah inflasinya tidak setinggi seperti yang diperkirakan Bank Indonesia," ujar Menkeu. Ia menambahkan, dengan berjalannya upaya mitigasi tersebut, pemerintah akan lebih optimistis dalam menjalankan rencana kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, karena laju inflasinya dapat diredam.

Selain menyiapkan langkah-langkah mitigasi, lanjut Menkeu, pemerintah juga memastikan masyarakat yang terdampak akan diberikan kompensasi. Dengan demikian, laju inflasi tersebut tidak akan menghantam kesejahteraan masyarakat, khususnya kalangan bawah. "Kalau BBM bersubsidi dinaikkan, akan ada upaya yang dilakukan dalam memastikan distribusi pangan tersedia. Nah ini kan terbukti efektif dengan jalur pasokannya ada, kemudian supply-nya meningkat. Contohnya Bulan Mei ini sudah deflasi, jadi artinya itu bikin kita cukup optimis dampaknya 2,4 persen itu bisa dikendalikan," tutupnya.(rja)