Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Dorong Pemda Perkuat Ekonomi dengan Transfer ke Daerah

Jakarta, 23/12/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membuka secara resmi Rapat Kerja akhir tahun 2016 Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) di Aula Nagara Dana Rakca Gedung Radius Prawiro, Kementerian Keuangan, Jakarta pada Kamis (22/12).

Raker DJPK tahun 2016 mengangkat tema ‘Mengelola Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah yang Sehat dan Kredibel Untuk Pelayanan Publik Daerah yang Lebih Baik dan Untuk Indonesia yang Lebih Sejahtera’.

Dalam arahannya, Menkeu menjelaskan bahwa DJPK memiliki fungsi penting, karena sebagian besar dari fungsi pemerintahan telah didelegasikan ke daerah. Ide untuk membuat ekonomi Indonesia memiliki daya tahan dan kuat tidak akan mungkin terjadi apabila pemerintah daerah tidak berkinerja.

"Pemerintah daerah bisa perform tergantung dari kemampuan transfer ke daerah dan bagaimana kita mampu memberikan insentif dan dorongan agar pemerintah daerah memiliki kinerja dalam rangka memperkuat ekonomi,” tegasnya.

Lebih lanjut Menkeu berpesan kepada jajaran DJPK agar mempunyai tanggung jawab dan memanfaatkan instrumen fiskal untuk mewujudkan keadilan sosial bagi di Indonesia. "Anda terus-menerus harus menjaga semangat kreativitas dan daya kritis untuk memikirkan Indonesia yang belum mencapai masyarakat yang adil dan makmur,” tambahnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2017, DJPK menambahkan satu inisiatif strategis baru, yaitu menghadirkan pemerintah di seluruh wilayah Indonesia melalui sinkronisasi penganggaran pusat dan daerah.(ath)