Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Dorong Saling Tukar Ilmu Antar Kepala Daerah

Jakarta, 02/03/2017 Kemenkeu - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun (TKDD) Tahun 2017 dan Knowledge Sharing Keberhasilan Kepala Daerah. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi setiap kegiatan komunikasi, tukar pengalaman dan ilmu untuk sesama daerah.


Menkeu mengungkapkan, akan sangat baik dan lebih mudah belajar dari Kepala Daerah yang sudah pernah berhasil, karena tidak hanya berdasarkan teori semata. “Dengan porsi, transfer, yang sama dari pusat dan tingkat kesulitan yang sama rumitnya, tapi ada daerah yang mampu melakukan suatu perubahan dan perbaikan yang luar biasa dan dirasakan betul oleh masyarakatnya,” katanya saat acara di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta pada Kamis (02/03).


Menurut Menkeu, perbaikan yang dilakukan di tiap-tiap daerah juga mulai dirasakan oleh masyarakatnya. “Yang mengakui itu sebenarnya bukan siapa-siapa, rakyatnya sendiri, mereka senang melihat perubahan yang sangat nyata, dari fasilitas umum, air bersih, jalan raya, sampai yang tidak terlihat secara fisik tapi dirasakan, yaitu pelayanan publik yang luar biasa,” tambah Menkeu. Ia berharap paparan dari kepala daerah yang telah berhasil dapat memberikan inspirasi bagi daerah lain serta bagi Kemenkeu untuk terus memperbaiki pola transfer daerah.


Sebagai informasi, sosialisasi TKDD ini dihadiri oleh sekitar 600 peserta yang terdiri dari para Kepala Daerah, Kepala biro/badan/dinas pengelola keuangan daerah, dan Kepala Badan/Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dari 214 daerah. Sebelumnya acara ini telah berlangsung di Yogyakarta pada 20 Februari, dan nanti akan dilaksanakan di Makassar sekitar pertengahan Maret. (ath/rsa)