Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Dukung Industri Sawit Asal...

Jakarta, 03/05/2017 Kemenkeu - Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit meluncurkan buku dengan judul "Menuju Kemandirian dan Keseimbangan Sawit" di Graha Sawala, kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) pada Selasa (02/05). Pada acara ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan dukungannya kepada industri kelapa sawit asalkan industri ini mampu menyejahterakan tidak hanya petani dan para pelaku industri tetapi juga masyarakat secara umum serta tetap menjaga lingkungan.

"Ukuran keberhasilan menurut saya, petani bisa mendapatkan kesejahteraan yang sustainable. Kedua, bahwa lingkungan kita tidak terusak. Ketiga, masyarakat bisa menikmati baik dari sisi langsung yaitu penciptaan lapangan kerja maupun produk-produk yang sifatnya hulu dan hilir dapat diperoleh dengan harga yang baik dan kualitas yang baik,” jelas Menkeu.

Selain itu, ia juga menyampaikan tiga harapan pada industri kelapa sawit. Tiga harapan tersebut adalah, industri kelapa sawit maupun perkebunan kelapa sawit dapat menjadi kegiatan ekonomi yang bisa mewujudkan konsep masyarakat adil dan makmur. Kedua, Indonesia sebagai pemain terbesar harus dapat menunjukkan kepada dunia bahwa kegiatan penanaman kelapa sawit adalah kegiatan ekonomi yang sustainable secara lingkungan. Ketiga, Menkeu berharap para pelaku industri kelapa sawit taat membayar pajak dan tidak melakukan transfer pricing.

"Kemenkeu berjanji akan mendukung industri ini dan para pelaku agar bisa menjadi industri mandiri dan berkeseimbangan juga sustainable. Kemenkeu mendukung seluruh kegiatan industri dari mulai pertanian, replanting, sampai pada pertumbuhan dari industri ini hulu dan hilirnya CPO sehingga bisa menciptakan nilai tambah yang makin besar di Indonesia," tutup Menkeu. (ma/nr)