Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Dukung Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja

Bali, 27/03/2014 MoF (Fiscal) News - Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang tinggi merupakan salah satu elemen utama bagi negara berkembang seperti Indonesia dan anggota ASEAN lainnya dalam berkompetisi dengan negara-negara berkembang lainnya. Adalah pemerintah yang mempunyai peran penting untuk membangun kualitas SDM negaranya melalui kebijakan-kebijakan yang strategis guna meningkatkan produktivitas.


“Pemerintah Indonesia mendukung pembangunan sumber daya manusia, salah satunya dengan insentif atau fasilitas keringanan pajak penghasilan bagi perusahaan yang melakukan penelitian dan pengembangan (research and development),” ujar Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri dalam sambutannya pada acara OECD Southeast Asia Regional Forum di Hotel Grand Nikko Bali, Rabu (26/3).


Peningkatan produktivitas merupakan cara yang paling tepat untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia, yang nantinya juga akan meningkatkan tingkat upah tenaga kerja. Meskipun peningkatan upah tenaga kerja ini akan menyulitkan Indonesia untuk bersaing dengan negara lain seperti Myanmar yang upah tenaga kerjanya lebih rendah, tetapi peningkatan produktivitas pada gilirannya akan memberikan nilai tambah pada proses produksi.


Sejalan dengan pernyataan Menkeu, Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria menyatakan bahwa dengan kualitas yang lebih baik, maka tenaga kerja dapat mempertahankan pekerjaan dengan penghasilan yang lebih tinggi. Akhirnya, hal ini tentu akan menghasilkan distribusi tenaga kerja yang lebih efisien di kawasan ASEAN. “Kami menyebutnya sebagai transisi dari low skilled labor based economy menuju ekonomi yang lebih berbasis pada pengetahuan dan teknologi,” katanya.(fg)