Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Ekonomi Indonesia Lakukan Penyesuaian

Jakarta, 19/09/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia sedang menuju equilibrium baru. Hal tersebut ia sampaikan jelang dikeluarkannya kebijakan pelonggaran likuiditas (Quantitative Easing/QE) oleh Bank Sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve).     

Menurut Menkeu, perekonomian nasional akan melakukan penyesuaian ke posisi normal terhadap perkembangan kondisi perekonomian global. “Akan ada equilibrium baru. Di tengan situasi seperti ini akan ada dampak ke pasar keuangan, sedangkan yang terjadi di pasar keuangan domestik saat ini merupakan proses kembali ke situasi yang normal saat kebijakan QE The Fed belum masuk,” jelasnya.

Menkeu mengingatkan untuk terus mengikuti perkembangan situasi global secara dini dan cermat, sehingga dampak terhadap kebijakan QE nantinya dapat diredam. Selain itu, Menkeu menilai, negara-negara berkembang sebenarnya dapat mengupayakan agar penarikan kebijakan QE tidak ditarik secara langsung, sehingga dana asing yang keluar dari dalam negeri dapat diantisipasi. “Dana QE sebesar 85 miliar dolar AS per bulan itu mungkin bisa sebagian dulu yang dikurangi, sehingga kita bisa antisipasi capital outflow,” kata Menkeu. Ia menambahkan, penarikan dana juga terjadi di Negara-negara lainnya seperti di Singapura, Malaysia, Brazil, India, Turki dan Filipina.(ak)