Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Ekonomi Syariah Cocok Untuk UKM

Jakarta, 29/05/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri acara peringatan hari jadi ke-60 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dengan tema Berbagi, Bersama dan Membangun di Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution pada Kamis (25/05).

Dalam keynote speechnya, Menkeu mengangkat tema Penguatan Ekonomi Syari'ah dalam Kapasitas Pembangunan Nasional. Menurutnya, berdasarkan studi yang dilakukan oleh International Monetary Fund (IMF), keuangan syariah memiliki potensi yang besar dalam memberikan kontribusi bagi perekonomian melalui dua hal, yaitu pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan inklusif. 

"Ini (keuangan syariah) sangat penting dan sesuai dengan kondisi Indonesia. Sistem ini menyumbangkan stabilisasi perekonomian dan keuangan yang lebih baik melalui prinsip bagi hasil dan risiko. Sangat cocok bagi pembiayaan terutama bagi kelompok usaha kecil-menengah dan kelompok startup. Ini dapat mendukung ekonomi yang jauh lebih inklusif dibanding tingkat suku bunga biasa karena menciptakan suatu encouragement atau dukungan terhadap kelompok-kelompok yang selama ini mungkin merasa terbeban dengan tingkat bagi risiko yang dianggap tidak adil" ujarnya.

Mengakhiri keynote speechnya, Menkeu mengucapkan selamat milad ke-60 untuk UIN dan harapan-harapan untuk UIN agar makin maju ke depannya."Saya berharap dengan usia yang ke 60, UIN akan makin matang dan mampu menjadi institusi yang menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, yang memiliki pemikiran-pemikiran yang maju dan kualitas intelektual yang modern sehingga bisa ikut membangun ekonomi Indonesia dan mencapai masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945." pungkasnya. (ip/nr)