Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menkeu Sri Mulyani Indrawati diwawancarai oleh awak media seusai Acara Peringatan Sewindu Indonesia Eximbank di Hotel Aston Semarang, Sabtu (28/10).

Menkeu: Ekspor Indonesia Memiliki Daya Saing Global

Semarang, 31/10/2017 Kemenkeu - Pada acara peringatan sewindu Indonesia Eximbank, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memaparkan mengenai perkembangan ekspor dunia. Menurutnya, Indonesia memiliki kemampuan dan kekuatan untuk bersaing di kancah internasional.

"Indonesia sebagai negara yang berpenduduk besar dengan demografi muda, letak geografis yang strategis dan terbuka serta sumber daya alam beragam, maka Indonesia secara alami merupakan negara yang memiliki kemampuan dan kekuatan untuk menjadi pemain ekspor dunia," jelas Menkeu di hotel Aston Semarang, Sabtu (28/10).

Menkeu mengatakan, salah satu karakteristik negara maju itu adalah negara pengekspor, baik manufaktur atau ekspor basis jasa. Oleh karena itu, ekspor melalui pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan teknologi mampu menciptakan tidak hanya kesempatan kerja tetapi juga penghasil devisa bagi negara. 

"Seperti kalau orang datang ke Indonesia untuk belanja atau untuk tourism, itu adalah kita sedang melakukan ekspor jasa kita. Ekspor itu penting sekali bagi pembangunan kita," ungkapnya.

Belajar dari krisis 1997-1998, Menkeu menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan suatu ekosistem dari kegiatan ekspor untuk menimbulkan kegiatan produktif dan inovatif. Salah satu ide yang muncul ialah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

"Ekosistem itu berarti kita mengidentifikasi semua bagian, semua partisipan di dalam, (mulai dari) proses produksi hingga kepada marketing dan delivery, termasuk finansialnya," papar Menkeu.

Terakhir, Menkeu meminta kepada LPEI untuk terus berusaha memberikan kinerja yang terbaik. LPEI harus mampu memiliki fokus dan target yang jelas.

"Presiden Jokowi jelas ingin Republik Indonesia memiliki produktivitas dan competitiveness di dalam produk-produk kita," tutupnya.

Selain memberikan sambutan, Menkeu juga meresmikan portal Forum Komunikasi Satu Atap yang merupakan hasil kerjasama LPEI dengan stakeholders. Portal ini ditujukan sebagai wadah diskusi dan pertukaran info antar pelaku ekspor dengan lembaga terkait. (ma/nr)