Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Fiskus dan Pengusaha Harus Saling Percaya

Jakarta, 11/11/2013 MoF (Fiscal) News – Dalam urusan pajak, seringkali masih ada persepsi yang berbeda antara fiskus (petugas pajak) dengan pengusaha. Namun, ke depan, kepercayaan antara satu sama lain  harus dimulai.


"Ada ketidakpercayaan yang tinggi bahwa dari pandangan fiskus, dunia usaha itu mau ngumpetin pajak aja. Sementara dari dunia usaha, ini pemerintah gak ada kerjaan lain selain bikin hidup kita susah," kata Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri kepada para pengusaha yang hadir dalam sosialisasi PP nomor 46/2013 di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta, Senin (11/11).

Oleh karena itu, sosialisasi ini menjadi langkah awal yang dapat menjembatani terbentuknya kesalingpercayaan tersebut. "Selain kematian pajak itu hal yang tidak bisa dihindarkan. Tapi itu saya percaya bahwa proses itu bisa dibuat lebih baik dan mudah kalau kedua belah pihak duduk bersama," jelas Menkeu.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) juga menilai bahwa sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan tanggung jawab para wajib pajak untuk taat membayar pajak. Karena melalui pembayaran pajak, diharapkan proses pembangunan negara dapat dilakukan secara merata ke seluruh wilayah Indonesia. (fin)