Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Fundamental Ekonomi Nasional dalam Keadaan Baik

Jakarta, 25/04/2014 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri dalam wawancaranya dengan media, Kamis (24/4), menyatakan bahwa kondisi fundamental perekonomian nasional dalam keadaan baik. Oleh karena itu, ia memperkirakan laju inflasi April akan rendah dengan neraca perdagangan Maret yang akan kembali mencatat surplus.


Ia memperkirakan surplus akan berkisar di angka US$200-US$500 juta, atau lebih konservatif dari proyeksi Bank Indonesia sebesar US$500 juta. "Perkiraan kita neraca perdagangannya bisa surplus, sebesar 200-500 juta dolar AS, karena ekspornya membaik dan impornya bisa dijaga. Inflasi dugaan saya rendah, bahkan bisa ada deflasi," kata Menkeu.


Terkait dengan nilai tukar rupiah, Menkeu memastikan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, bukan disebabkan oleh fundamental ekonomi nasional. Ia memperkirakan, pelemahan rupiah ini hanya sementara dan tidak berlangsung dalam jangka panjang, apalagi mata uang di regional seperti Ringgit Malaysia dan Rupee India, juga sempat mengalami depresiasi terhadap dolar AS. "Memang regional-nya melemah, rupee saya lihat melemah, kemudian ringgit juga, terus rupiah-nya, dan saya melihatnya ini lebih sementara," jelas Menkeu. (nic)