Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Hadiri Dialog dengan JBIC

Jakarta, 24/10/2011 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menghadiri Financial Policy Dialogue bertajuk The Second Annual Meeting Government of Indonesia - Japan Bank for International Cooperation (JBIC). Dialog yang bertujuan untuk merumuskan kerangka kebijakan dalam bidang finansial tersebut diselenggarakan di Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (24/10).

Dalam sambutannya, Menkeu menyampaikan dukungannya terhadap kemitraan antara Jepang dan Indonesia untuk dapat membangun kapasitas ekonomi di Indonesia. "Kami mendukung upaya kemitraan antara Indonesia dengan Jepang dalam merumuskan kebijakan untuk membangun kapasitas ekonomi, kapabilitas dan ketahanan serta mencapai pertumbuhan yang stabil," ujar Menkeu.

Ketidakpastian perekonomian global dan potensi overheating di negara berkembang saat ini memerlukan dialog yang dapat menjawab tantangan stabilitas makroekonomi. "Kami yakin dialog kebijakan seperti ini dibutuhkan untuk mempertahankan stabilitas makroekonomi, meningkatkan pertumbuhan, menurunkan angka kemiskinan serta peningkatan sarana infrastruktur," jelas Menkeu.

Menkeu berharap, diskusi yang terbagi dalam empat kelompok kerja ini dapat menghasilkan kebijakan untuk meningkatkan ketahanan energi di Indonesia. Empat kelompok kerja yang dibentuk untuk membahas ketahanan energi ini yaitu kerja sama makroekonomi dan sektor finansial, pembiayaan untuk proyek energi, prospek energi terbarukan, dan kebutuhan batu bara bersih. "Kami melihat momen pertumbuhan ekonomi yang kuat, tercermin dalam diskusi di kelompok kerja ini terutama untuk membantu peningkatan pembangkit listrik di Indonesia. Kami berharap dialog ini dapat menghasilkan ide dan saran untuk meningkatkan ketahanan energi," harapnya.(sgd)