Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
ilustrasi

Menkeu Harapkan Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerahnya

Jakarta, 02/01/2018 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berharap agar daerah-daerah melakukan ekspansi proyek untuk meningkatkan pelayanan dasar dengan adanya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang Obligasi Daerah, Green Bond, dan E-registration. Daerah-daerah yang memiliki kemampuan keuangan yang baik serta fiskal yang sehat sesungguhnya memiliki kemampuan untuk melakukan investasi.

"Walaupun APBN mereka bagus dan memiliki cadangan uang di bank tapi mereka banyak yang belum melakukan ekspansi untuk belanja modal terutama untuk investasi infrastruktur dasar seperti air bersih, sanitasi, jalan raya, irigasi," tegas Menkeu di Bursa Efek Indonesia (BEI) saat memberikan keterangan kepada awak media usai acara peluncuran Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Obligasi Daerah, Green Bond, dan E-registration Jumat (29/12/2017).

Ia kemudian mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan. Dua daerah tersebut sudah melakukan kebutuhan investasi kapitalnya dengan membangun rumah sakit, jalan maupun pasar. Menkeu menjelaskan dengan pinjaman itu akan mampu menimbulkan rasa kepercayaan untuk menjaga proyeknya menjadi baik karena harus mengembalikan uang pinjaman.

"Saya harap nanti dengan adanya kupon atau obligasi daerah juga akan menimbulkan sikap yang lebih berhati-hati dan bertanggung jawab. Mereka tidak sembrono dan hati-hati dan meyakinkan bahwa proyek-proyek tersebut bisa terbangun secara tepat waktu," tukasnya. (ma/nr)