Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Hasil Kebijakan Pengendalian Subsidi Untuk Rakyat

Jakarta, 29/05/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan M. Chatib Basri menegaskan, hasil penerapan  kebijakan pengendalian konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi nantinya akan kembali kepada rakyat. Penghematan yang dihasilkan dari penyesuaian harga BBM bersubsidi misalnya, akan dialokasikan pada program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat. Demikian diungkapkan Menkeu pada Selasa (28/5) di Jakarta.

"Itu besarnya yang dihemat sekitar Rp42 triliun. Itu nanti akan dikembalikan lagi pada program BLSM (Bantuan Langsung Sementara Masyarakat), akan kembali lagi pada proyek infrastruktur dasar. Artinya, akan kembali ke masyarakat," jelas Menkeu. Untuk itu, lanjut Menkeu, pemerintah akan memastikan kebijakan tersebut diterapkan bersamaan dengan paket-paket kompensasi yang akan diberikan, sehingga kepentingan rakyat tetap diutamakan. Selain itu, hal tersebut juga dimaksudkan agar upaya pemerintah dalam menjaga defisit anggaran sesuai target yang ditetapkan dapat terwujud.

Kebijakan pengendalian subsidi BBM, menurut Menkeu, juga akan berimplikasi pada berkurangnya defisit. “Artinya, subsidi BBM-nya menjadi tidak sebesar kalau pemerintah tidak melakukan pengendalian subsidi," pungkasnya.(rja)