Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Impor Bulan April Akan Naik

Jakarta, 26/05/2014 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan memproyeksikan laju impor di Bulan April 2014 akan mengalami peningkatan seiring mulai menggeliatnya ekspansi usaha di dalam negeri. Peningkatan ini akan membawa neraca perdagangan mengalami surplus tipis bahkan defisit. "Impor kita Bulan April akan naik, walaupun Thailand (impor) mengalami penurunan. Jadi saya tidak akan surprise, misalnya April ini bisa surplus-nya kecil atau defisit," ujar Menteri Keuangan M. Chatib Basri di Jakarta, Senin (26/5).

Menurutnya, kenaikan ini didorong karena mulai adanya ekspansi perusahaan, dimana perusahaan sudah mendapatkan kredit dari bank untuk membeli barang modal dan bahan baku. Namun, hal tersebut bukan sesuatu yang tidak diantisipasi oleh pemerintah, karena sudah menjadi pola pada triwulan II bahwa impor mengalami peningkatan. "Mudah-mudahan masih bisa surplus tapi saya tidak akan surprise kalau neraca perdagangan defisit, tahun lalu juga begitu, polanya di triwulan II," urainya.

Dengan begitu, sambung dia, maka akan mempengaruhi defisit transaksi berjalan yang akan kembali meningkat. Namun, peningkatan tersebut hanya bersifat sementara karena di triwulan III dan IV akan kembali mengalami penurunan. "Triwulan I defisit transaksi berjalannya tertentu, di triwulan II itu akan naik, di triwulan III agak turun, triwulan IV akan turun lagi. Jadi, jangan kaget saya sudah bilang dari Desember, kalau April bakal naik," pungkasnya. (ans)