Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Indonesia Penerbit Sukuk Terbesar di Dunia

Jakarta, 17/05/2016 Kemenkeu - Indonesia menjadi salah satu negara penerbit sukuk terbesar di dunia. Perkembangan penerbitan sukuk negara di Indonesia telah menunjukkan peningkatan signifikan sejak pertama kali diterbitkan.

Hingga Mei 2016, total penerbitan Sukuk Negara, sebutan untuk sukuk yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia telah mencapai Rp503 triliun atau sekitar 38 miliar dolar AS, dengan total outstanding sebesar Rp380 triliun atau sekitar 29 miliar dolar AS.

"Outstanding sukuk ini  mencapai sekitar 15 persen dari total surat berharga pemerintah," jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam opening remarks pada acara 1st Annual Islamic Finance Conference ‘Sukuk for Infrastructure Financing and Financial Inclusion Strategy’ yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta pada Selasa (17/5).

Lebih lanjut Menkeu mengungkapkan, selain menerbitkan sukuk berdenominasi rupiah, Pemerintah Indonesia juga telah menerbitkan Sukuk Negara berdenominasi dolar AS di pasar internasional. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai penerbit sukuk terbesar di dunia.

"Sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 2009, total penerbitan sukuk Indonesia telah mencapai 10,15 miliar dolar AS, dengan outstanding saat ini  mencapai 9,5 miliar dolar AS," jelas Menkeu.

Menkeu menambahkan, penerbitan sukuk negara berdenominasi dolar AS terakhir pada Maret 2016 lalu berhasil mendapat sambutan positif dari investor. "Dari total penerbitan sebesar 2,5 miliar dolar AS, total penawaran mencapai 8,6 miliar dolar AS, atau sekitar 3,5 kali lipat," ungkapnya.(nv)