Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Indonesia Sangat Positif Untuk Investasi

Jakarta, 23/05/2017 Kemenkeu - Pasca diraihnya opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan rating layak investasi (investment grade) dari Standard & Poor’s, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku banyak investor asing yang ‘mengincar’ Indonesia.

 

“Dengan upgrade ini, maka sekarang banyak investor yang menganggap bahwa Indonesia adalah tempat yang sangat positif untuk melakukan investasi,” kata Menkeu kepada wartawan usai Rapat Terbatas, di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (22/05) sore.

 

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, menurut Menkeu, pemeringkatan itu untuk membangun momentum ekonomi Indonesia agar pertumbuhan ekonomi mendekati 6 persen bisa dicapai tahun ini dan tahun depan.

 

“Yang dilakukan oleh para investor luar negeri itu adalah untuk membangun Indonesia, bukan untuk mengancam Indonesia,” tegasnya seraya menambahkan, bagaimana aspek kesempatan kerja dan investasi itu penting di dalam rangka untuk membangun Indonesia yang masih sangat tertinggal di bidang infrastruktur dibandingkan negara-negara yang setingkat dengan Indonesia.

 

Menkeu juga menegaskan, bahwa pemerintah akan akuntabel, dimana setiap investasi akan dijelaskan dananya dari mana, bentuknya dalam bentuk ekuitas di neraca yang mana, neraca BUMN ataukah di neraca pemerintah dan bagaimana kemudian progress ini harus diikuti secara detail. Menkeu menambahkan, Presiden juga menekankan bahwa seluruh proyek-proyek ini harus bisa juga mengikutsertakan para swasta nasional, dan juga dari sisi tata kelola menjaga bebas dari korupsi. (nr/rsa)