Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Inflasi Semester I Sesuai Harapan

 

Jakarta, 01/07/2011 MoF (Fiscal) News - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis inflasi kumulatif pada Januari-Juni (semester I) 2011 sebesar 1,06%. Sementara, inflasi year on year (yoy) pada Bulan Juni mencapai 5,54%, turun dari 5,98% pada Bulan Mei. Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menyampaikan, angka inflasi tersebut sesuai harapan pemerintah. Hal tersebut disampaikan Menkeu saat ditemui di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta pada Jumat (01/07).

 

“Kita belum lakukan kajian untuk menyampaikan angka terakhir. Namun YoY sampai Mei menunjukkan inflasi yang cukup sesuai harapan kita,” ujar Menkeu. Namun demikian, pemerintah masih perlu mewaspadai kondisi harga komoditas dunia dan dalam negeri, mengingat akan datangnya Bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan masih adanya keterbatasan infrastruktur.

 

Terkait pembatasan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dapat mendorong inflasi, Menkeu menjelaskan pemerintah masih mengamati upaya pengendalian subsidi BBM, serta tetap menjaga agar tidak melebihi batas yang telah ditentukan. “Kita jaga betul-betul koordinasi dengan Bank Indonesia supaya inflasi terjaga. Kita lihat kondisi harga pangan dan kita lihat kondisi lain,” tukasnya.

 

Mengenai perubahan harga minyak pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2011, Menkeu mengemukakan, sangat mungkin apabila BI memiliki proyeksi yang lebih optimis atau pesimis. “Justru yang sekarang ini, kita belum kaji dan belum sampaikan, karena yang melakukan forecast sampe akhir tahun, dan faktor yang mempengaruhinya, akan berpengaruh ke inflasi,” pungkasnya.(sgd)