Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan keynote speech dalam acara The 4th International Workshop on UI Green Metric World University Rankings (IWGM) Universities, Impacts, and Sustainable Development Goals (SDG) yang diadakan oleh Rektorat Universitas Diponegoro Semarang (09/04)

Menkeu Ingatkan Peran Penting Program Kampus Hijau di Seluruh Dunia

Semarang, 09/04/2018 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pentingnya peran universitas dalam mensosialisasikan pentingnya untuk menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan. Hal itu disampaikannya pada acara The 4th International Workshop on UI Green Metric World University Rankings (IWGM) Universities, Impacts, and Sustainable Development Goals (SDG) yang diadakan oleh Rektorat Universitas Diponegoro Semarang, Senin (09/04). 

"Apa yang kita lakukan sekarang sangat penting bagi masa depan generasi berikutnya. Kita berkewajiban untuk mewariskan dunia yang baik untuk ditempati oleh seluruh umat," ujar Menkeu.

UI GreenMetric World University Rankings adalah inisiatif dari Universitas Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2010. Tujuan dari peringkat ini adalah untuk memberikan hasil survei online kondisi dan kebijakan saat ini terkait dengan Kampus Hijau dan Keberlanjutan di universitas seluruh dunia. 

"Ini sangat mengesankan perkembangannya. Bermula dengan 100 universitas dari 35 negara di tahun 2010, sekarang sudah mencapai 619 universitas dari 75 negara yang berpatisipasi di tahun 2017," ungkap Menkeu.

Ia pun menjelaskan kepada para peserta dari 26 negara yang hadir bahwa kegiatan ekonomi pun memiliki pengaruh kepada lingkungan dan SDG. Menkeu menyampaikan bahwa setiap kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah harusnya dapat mendukung keberlangsungan dari pertumbuhan sebuah negara.

"Jika kita membuat program tanpa memikirkan keberlanjutannya maka kita bisa membuat masalah baru," jelasnya. 

Terakhir, Ia menyambut dengan gembira kehadiran para peserta dan berharap peserta dapat menyampaikan seluruh hasilnya dengan baik dan mampu menciptakan semangat yang sama kepada seluruh universitas di dunia.(mra/ind/nr)