Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menkeu Sri Mulyani Indrawati bersama pimpinan KPK Saut Situmorang pada acara Talk Show mengenai Penanganan Anti Korupsi dalam rangka Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional di Direktorat Jenderal Pajak pada Rabu (06/12).

Menkeu Ingatkan Soal Integritas di Hari Anti Korupsi

Jakarta, 06/12/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengingatkan tentang pentingnya menjaga integritas pada peringatan Hari Anti Korupsi Internasional di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (06/12).

"Kita harus terus menjaga integritas agar terhindar dari praktik-praktik korupsi," ungkapnya.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengelola uang dengan jumlah yang sangat besar. Nilainya mencapai ribuan triliun rupiah setiap tahun. Maka dari itu, Menkeu menegaskan, tanpa integritas akan sulit mencapai pengelolaan keuangan yang baik.

Ia meminta agar berbagai peristiwa kelam di masa lalu, menjadi pelajaran berharga agar tidak terulangi lagi. Ia sempat mengungkit nama Gayus Tambunan yang terbukti melakukan korupsi beberapa tahun silam di Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

"Seperti kata pepatah, satu titik tinta bisa rusak susu sebelangga. Anda cuma butuh satu kasus yang namanya Gayus, never hilang kata itu. Dan sekarang itu sudah jadi kosakata dan identik jadi korupsi," terangnya.

DJP harus berupaya keras melakukan reformasi untuk menuju reputasi yang lebih baik. Hasilnya sudah terlihat, Menkeu pun memberikan angka 7 sebagai tanda perubahan.

"Sekarang nilainya sudah di angka tujuh karena korupsinya sudah enggak sistemik. Artinya itu, sistemnya tidak lagi memperbolehkan dan menyuburkan korupsi ada di lingkungannya. Itu saya berani pastikan, sudah enggak ada lagi," tegasnya. (mj/nr)