Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Ingin DJP Terus Perangi Korupsi

Jakarta, 02/12/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memperingati Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2016 pada Kamis (01/12) di Kantor Pusat DJP, Jakarta. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, acara ini menggambarkan tekad bulat DJP dalam melawan korupsi.

Menkeu berharap, berbagai inovasi yang telah dilakukan DJP selama ini dapat dilakukan secara konsisten. “Reformasi birokrasi yang telah dimulai sepuluh tahun lalu, banyak inovasi agar wajib pajak tidak berinteraksi dengan SPT (Surat Pemberitahuan) online, whistle blower system, agar masyarakat memiliki kepercayaan dan melaporkan jika ada praktek (penyimpangan). Saya ingin itu dilakukan secara konsiten dan terjaga,” urainya.

Ia menambahkan, evaluasi diperlukan untuk menyempurnakan berbagai langkah perbaikan yang telah dilakukan. Selain itu, penguatan sistem juga perlu terus dilakukan, sehingga tidak ada lagi celah untuk melakukan penyimpangan. “Manusia kalau lihat peluang dan sistem tidak ada punishment, maka peluang tergelincirnya sangat besar. Kita harus terus membangun sistem, karena kita bukan manusia super,” terangnya.

Menkeu mengakui, tahun 2016 adalah tahun yang tidak mudah. Namun, ia berharap seluruh jajaran DJP dapat terus berkarya memberikan yang terbaik bagi masyarakat, di tengah berbagai tantangan yang ada. Menkeu juga menegaskan, hal tersebut tidak akan mengubah tekad seluruh jajaran Kementerian Keuangan, termasuk DJP untuk terus memerangi korupsi.

“2016 masih tidak ringan. Jangan lemah, sampaikan jika butuh dukungan, support, semangat. Pada akhirnya saya inginkan pada hari yang baik ini, kita semakin menyatakan tekad kita untuk bersama melawan korupsi,” ujarnya.(lwp)