Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Ingin Hidupkan Tim Reformasi DJBC

Jakarta, 15/12/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan arahan pada acara peringatan Hari Antikorupsi di lingkungan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Jakarta, Kamis (15/12). Dalam arahannya, Menkeu mengajak jajaran pimpinan dan pegawai DJBC bersama-sama mencegah terjadinya korupsi di institusi tersebut.

Upaya pencegahan telah dilakukan salah satunya dengan memperbaiki standar gaji di lingkungan Kementerian Keuangan. "Mulai dengan reformasi 10 tahun yang lalu. Anda kerja di Kementerian Keuangan tidak boleh miskin, tapi tidak mungkin menjadi kaya raya. Anda harus punya tingkatan hidup yang decent; cukup dan layak untuk dihormati," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menkeu juga menyampaikan rencana menghidupkan kembali tim reformasi di DJBC. "Saya ingin tim reform Bea Cukai kita launch. Kita perlu mempunyai sistem yang membuat Anda mempunyai dignity dan passion terhadap karier Anda," ujar Menkeu.

Ia juga mengungkapkan bahwa bekerja dengan hati bersih di dalam diri sendiri saja tidak cukup. "Dengan tekad seperti itu tidak cukup untuk mencegah kalau ada oknum berbuat korupsi," ujarnya. Menkeu ingin jajaran pemimpin dan pegawai DJBC merasa tertantang untuk bersama-sama mencegah perbuatan korupsi. "Saya ingin menantang Anda secara sendiri dan bersama untuk membersihkan institusi dari perbuatan korupsi," katanya.

Menkeu meyakini slogan #BeaCukaiMakinBaik pasti akan terwujud. Namun demikian, untuk merealisasikan hal tersebut, perlu tekad seluruh pegawai untuk bekerja dengan hati. "Dengan tekad itu, selamat memperingati hari antikorupsi. Jadikan peringatan ini adalah permulaan kembali kita bekerja sama membersihkan instansi yang sangat kita cintai dan banggakan dari oknum-oknum yang mencederai nilai-nilai baik kita," ujar Menkeu.

Sebagai penutup, Menkeu berpesan bahwa integritas dan sikap profesional tak ternilai harganya. "Anda akan berhasil menjadi manusia yang ma'rifat kalau di dahi Anda tidak ada price tag nya. Integritas dan profesionalisme itu tidak ada harganya," kata dia.(da)