Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Inginkan Pelamar Beasiswa Mengambil Bidang Studi yang Lebih Bervariasi

Depok, 15/10/2019 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyarankan agar kalangan akademia tidak hanya hanya memanfaatkan beasiswa yang disediakan pemerintah untuk bersekolah di jurusan yang popular di masyarakat. Perlu dilakukan diversifikasi jurusan. 
 
Hal ini disampaikan Menkeu pada acara sidang tahunan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) di Auditoriun Djokosoetono, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI), Depok, Senin (14/10).
 
“Di LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) kita untuk meng-empower termasuk untuk afirmasi menyekolahkan dosen-dosen untuk memperkuat. Tapi saya berharap kita punya diversify untuk bidang-bidang yang kita butuhkan,” kata Menkeu. 
 
Ia mencontohkan, di Indonesia masih banyak keahlian yang dibutuhkan saat ini seperti keahlian untuk aktuaris asuransi dan pensiun serta pengelolaan aset, namun ditengarai masih sedikit peminatnya.  
 
“Di Indonesia ini masalah pensiun, aktuaris untuk menghitung kewajiban insurance, itu masih sangat sedikit. Banyak orang yang ambil public policy atau bidang-bidang yang kelihatannya gampang popular, yang langka dan kita butuhkan malah belum ada (yang berminat), seperti asset management. Itu adalah bidang-bidang yang kita butuhkan untuk mengelola keuangan secara umum,” pungkasnya. (btr/hpy/nr)