Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Jadi Wanita Pertama yang Pimpin Development Committee

Jakarta, 12/10/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi wanita pertama dalam sejarah yang menjabat sebagai Ketua Development Committee, sejak dibentuk pada 1974. Development Committee adalah forum tingkat menteri dari Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF), untuk membangun kesepakatan antar pemerintah terkait isu pembangunan. Pertemuan ini sendiri termasuk dalam rangkaian pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF yang berlangsung dari 4-9 Oktober 2016.


Dalam acara yang berlangsung di Washington D.C. tersebut, Menkeu memimpin pertemuan yang dihadiri oleh 25 anggota, yang terdiri atas para gubernur (Menteri Keuanga/Menteri Ekonomi) yang mewakili 189 negara anggota Bank Dunia dan IMF. Selain  sebagai ketua Development Committee, Menkeu juga hadir dalam kapasitas sebagai Gubernur Bank Dunia untuk Indonesia, Gubernur Alternatif IMF, serta Menteri Keuangan negara anggota G20.


Sebelumnya, ketua Development Committee dijabat oleh Menteri Bambang Brodjonegoro. Namun, sejak 16 Agustus 2016, tongkat kepemimpinan telah diberikan kepada Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Untuk pertemuan Development Committee selanjutnya telah direncanakan untuk berlangsung pada 22 April 2017. (as)