Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Jaga Empat Mesin Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Jakarta, 02/05/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pidato pada Rapat Akbar Pimpinan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Puri Agung Convention Hall, Hotel Grand Sahid Jaya pada Jumat, (28/04). Acara ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan anggota legislatif perempuan fraksi PKS.

Ia mengimbau agar para pembuat kebijakan di daerah agar selalu menjaga kesehatan empat mesin pertumbuhan yang terdiri dari konsumsi, investasi, belanja pemerintah daerah dan ekspor. sehingga tidak bergantung pada belanja negara pada APBN terutama Transfer ke Daerah dan Dana Desa.

Menurutnya, cara untuk menjaga mesin pertumbuhan ialah dengan menekan inflasi, meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mengkonsumsi produk lokal dan menyederhanakan peraturan-peraturan berinvestasi.

Menkeu juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah membutuhkan para pengelola keuangan negara yang sama tangguhnya dengan di pemerintah pusat. “Maju mundurnya daerah adalah tergantung dari para legislator dan eksekutif untuk bisa bekerjasama di dalam mendesain dan membangun ekonomi di masing-masing daerah secara baik melalui desain APBD, keuangan daerah dan keuangan negara yang baik,” ungkapnya. (yog/nr)