Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Jaga Kesinambungan Fiskal dan Teruskan Reformasi Kelembagaan

 

 

Jakarta, 02/04/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menegaskan pentingnya menjaga kesinambungan fiskal dan meneruskan reformasi kelembagaan yang telah berjalan di Kementerian Keuangan. Hal ini ia sampaikan usai menghadiri sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang berlangsung pada Selasa (2/3) di Jakarta.

 

"Kementerian Keuangan sebagai penanggung jawab fiskal yang utama (harus dilakukan) adalah dijaga penerimaan negara, di mana situasi saat sekarang ini krisis global sudah mulai ada dampak ke Indonesia, supaya kondisi ekonomi kita dapat terjaga," jelasnya. Kepada Menteri Keuangan selanjutnya yang akan ditunjuk oleh presiden, ia berpesan agar dapat meneruskan reformasi kelembagaan yang telah berjalan di Kementerian Keuangan. "Teruskan reformasi kelembagaan yang telah berjalan di Kementerian Keuangan untuk membuat semua organisasi,business process, maupun unsur peningkatan kompetensi sumber daya manusianya dapat terus ditingkatkan," tegasnya.

 

Selain itu, ia juga menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kerja sama dengan kementerian/lembaga dalam menyalurkan dana. "Supaya dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dapat disalurkan dengan berkualitas (dan) tepat sasaran," katanya. Target lain yang perlu dijaga, lanjutnya, adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat  (LKPP). "Jadi jangan samapi nanti pertanggungjawaban keuangan menjadi turun. Itu kan juga memerlukan effort yang besar," tambahnya.(ak)