Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Katakanlah Cinta dengan Bayar Pajak

Jakarta, 09/11/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai, masalah kepercayaan (trust) menjadi salah satu isu penting yang akan mempengaruhi kepatuhan (compliance) masyarakat dalam menjalankan kewajiban perpajakannya.

“So trust is an issue. Ini suatu PR buat kami, karena (kalau) masyarakat ada masalah dengan trust, maka ini menjadi suatu excuse untuk tidak melakukan compliance atau kepatuhan,” jelasnya pada acara ‘Dialog Perpajakan bersama Menteri Keuangan’ di Hotel Ritz Charlton Jakarta pada Selasa (08/11).

Pasa kesempatan tersebut, Menkeu kembali menekankan pentingnya peran pajak bagi pembangunan. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan kewajiban perpajakannya. “Kalau rakyat ini membayar pajak hanya sekedarnya, jangan pernah heran republik ini menjadi republik sekedarnya,” tegasnya di depan para pimpinan perbankan.

Partisipasi masyarakat, lanjutnya, diperlukan untuk membangun Indonesia secara lebih baik. Terlebih, membayar pajak merupakan salah satu tanda cinta warga negara kepada negerinya. “If you really truly love this country, then you have to express accordingly. Kalau orang-orang bisa mengatakan katakanlah dengan bunga perasaan cinta Anda, kalau saya, katakanlah cinta Anda dengan bayar pajak, kira-kira kayak gitu,” tutupnya.(nv)