Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan keterangan kepada awak media selepas acara Dialog Interaktif Diseminasi Dana Desa di Gedung Olahraga (GOR) Gemilang, Kabupaten Magelang (16/12)

Menkeu: Kepemimpinan Kepala Desa Menjadi Faktor Penting

Magelang, 18/12/2017 Kemenkeu - Kepemimpinan dan kemampuan untuk mengorganisir adalah faktor penting bagi para kepala desa dalam memajukan desa yang dipimpinnya. Hal ini disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dihadapan sejumlah perangkat desa serta pemerintah daerah Kabupaten Magelang pada acara Dialog Interaktif Diseminasi Dana Desa di Gedung Olahraga (GOR) Gemilang, Kabupaten Magelang pada Sabtu (16/12).

"Di tingkat desa itu nggak bisa oleh Bapak Presiden langsung, walaupun Bapak Presiden senang blusukan, itu blusukan tidak untuk menggantikan kepemimpinan Bapak Ibu sekalian. Kepemimpinan dan organisasi itu tetap di masing-masing desanya," kata Menkeu.

Menurutnya, dari sekitar 74.000 lebih desa di Indonesia, yang dianggap desa maju masih kurang dari 30%. "Jadi bapak dan Ibu sekalian punya kesempatan yang cepat untuk menjadikan desa yang maju, tapi berarti kita harus belajar dari mereka yang sudah maju. Lokasi di sekitar Magelang atau daerah Jawa Tengah, Jogja, Solo ini cukup banyak contoh desa-desa yang sudah maju. Jadi tolong dipelajari agar desa-desa yang lain lebih mudah terulang dari sisi kemajuannya," ajak Menkeu kepada para perangkat desa yang hadir.

Menkeu menambahkan apabila penerimaan pajak meningkat, maka anggaran desa yang setiap tahun dialokasikan juga akan makin besar. "Saya titip anggaran itu bukan untuk kepala desa, tapi untuk rakyat di desa. Mudah-mudahan tahun depan kita ketemu lagi dan saya mendapat laporan jumlah orang miskin di desa dan jumlah pekerjaan yang diciptakan di desa akan makin banyak," pungkasnya. (ip)