Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Kita Ingin Sea Games Sukses

 

Jakarta, 15/09/2011 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan menginginkan pelaksanaan Sea Games mendatang berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk itu, Kemenkeu telah menyiapkan sejumlah dana untuk mendukung kegiatan tersebut. Demikian disampaikannya saat ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (15/8).

"Dari Kemenkeu kami ingin supaya Sea Games sukses. Kami sudah siapkan anggaran 600 M dan 700 M," ujar Menkeu. Ia mengatakan, anggaran Rp600 miliar sudah tersedia dan tinggal dicairkan. Sedangkan, anggaran Rp700 miliar juga sudah tersedia dan dapat dicairkan setelah pihak terkait melengkapi  Term Of Reference (TOR) dan anggaran biayanya.

Menkeu mengakui, anggaran sebesar Rp600 miliar baru diambil 11 persennya sampai seminggu yang lalu. "Sebenarnya 11 persen tidak apa-apa asal di lapangan vendor atau kontraktor itu sudah progres dengan baik, sehingga hanya masalah menarik dari negara yang belum dilakukan. Karena kita ingin project itu selesai," jelas Menkeu.

Menurut Menkeu, project yang dijalankan memang harus segera diselesaikan, namun pemerintah tetap harus memperhatikan prinsip kehati-hatian dan taat azas dalam pencairan dan penggunaan anggaran. "Kita harus selalu jaga, jangan kemudian tujuan melupakan proses yang baik. Ini masih terbatas, karena mungkin yang dilakukan sudah baik. Yang saya ingatkan agar itu jangan nanti jadi temuan di akhir project atau malah jadi tidak efisien karena tidak ada proses penurunan harga," tegasnya. (sgd)