Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Kondisi Saat Ini Tidak Cerminkan Ekonomi Indonesia Sepanjang Tahun

 

Jakarta, 28/02/2013 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan terus memantau realisasi dan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013 di tengah kondisi perekonomian dunia yang belum stabil saat ini. Krisis ekonomi global yang belum membaik membuat beberapa asumsi makro meleset dari target yang ditetapkan dalam  APBN. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo di Jakarta pada Rabu (27/2).

 

Meskipun demikian, Menkeu menegaskan, melesetnya beberapa asumsi makro tersebut tidak mencerminkan kondisi ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini. Karenanya, jajaran pemerintah terus berkoordinasi untuk mengantisipasi lebih meluasnya dampak tersebut pada perekonomian Indonesia. "Kami masih melakukan kajian, dan kalau dilihat dari sisi asumsi memang ada miss antara asumsi yang ditetapkan dengan kondisi sekarang. Tapi karena ini masih awal tahun, kita belum bisa melihat apakah selisih itu merupakan selisih yang akan berdampak setahun. Jadi, kita masih mengkaji," jelas Menkeu. 

 

Menkeu juga menegaskan, perubahan APBN pada tahun ini baru akan dilakukan jika memang ada pos-pos anggaran yang sangat mendesak untuk dilakukan penyesuaian. Oleh karena itu, pemerintah akan sangat berhati-hati dalam melakukan hal tersebut. "Kita juga perlu menyepakati APBN-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan), kalau dilakukan untuk pos-pos yang benar-benar penting istilahnya memang perlu, sedangkan selebihnya kita harus berdasarkan proses," tutupnya.(rja)