Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan sambutan pada acara Lelang Sukarela sejumlah koleksi pribadi milik beberapa pejabat Negara di Galeri Nasional, Jakarta pada Rabu (28/02)

Menkeu: Lelang Barang Pejabat Negara Bukan Untuk Menambah APBN

Jakarta, 28/02/2018 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan sambutan pada acara Lelang Sukarela sejumlah koleksi pribadi milik beberapa pejabat Negara di Galeri Nasional, Jakarta pada Rabu (28/02). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia. Menkeu menekankan bahwa hasil dari lelang ini akan disumbangkan untuk kepentingan sosial melalui Yayasan Yappika Actionaid.

"Saya tegaskan lelang ini adalah barang pribadi. Proceednya nanti akan disumbangkan untuk sosial, salah satunya yaitu untuk perbaikan sekolah yang rusak. Saya tegaskan uang ini bukan uang APBN. APBN kita tetap aman," tegas Menkeu.

Pada acara yang bertemakan "Modernisasi Lelang untuk Jual Beli yang Lebih Handal dan Tepercaya", ia menambahkan bahwa tujuan dari acara ini juga  sebagai edukasi kepada masyarakat sebagai instrumen jual beli alternatif. Lelang adalah salah satu alternatif transaksi yang bisa menciptakan peradaban baru di Indonesia, dimana masyarakat tidak hanya menghargai bendanya saja tetapi juga cerita dibalik benda tersebut.

‘”Terima kasih kepada Pak Budi yang ikut berpartispasi, tadi saya lihat gitarnya di lelang,” ungkapnya. Sebagai informasi, Lelang Sukarela ini menjual koleksi pribadi Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla dan lbu Hj. Mufidah Jusuf Kalla serta beberapa Menteri Kabinet Kerja, antara lain Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan A. Djalil, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, dan Menteri Perhubungan Budi Karya.

Terakhir Menkeu berpesan agar peraturan perundang-undangan mengenai lelang dapat diperbarui mengikuti kondisi saat ini. Lelang dapat dilakukan melalui e-auction namun dengan tetap menjaga integritas. (mra/ind/rsa)