Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Mahasiswa PKN STAN Wajib Paham Perkembangan Ekonomi dan APBN

Jakarta, 17/04/2017 Kemenkeu - Pagi tadi, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan kuliah umum di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Tangerang Selatan, Senin (17/04). Memberikan kuliah di PKN STAN menjadi istimewa karena keinginan tersebut muncul sendiri dari Menkeu. "Banyak kampus yang meminta saya mengisi kuliah umum, tapi STAN satu-satunya yang saya minta datangi. Karena saya percaya mahasiswa dan dosen STAN adalah pihak yang berperan penting dalam menentukan masa depan bangsa," kata Menkeu. Antusiasme peserta, yang mayoritas dari dosen dan mahasiswa PKN STAN, telah terlihat sebelum acara berlangsung pada pukul 08.30.

Dalam paparannya, Menkeu menegaskan pentingnya bagi generasi muda, khususnya mahasiswa PKN STAN, untuk mengetahui perkembangan ekonomi terkini dan pengelolaan APBN. "Anda-anda inilah yang akan masuk ke Kementerian Keuangan. Itu berarti anda sudah berutang pada negara, dan anda wajib memiliki pemahaman terkait perkembangan ekonomi negara melebihi mahasiswa lain," tegasnya.

Sebagai informasi, dalam kuliah umum tersebut, Menkeu menjelaskan lima poin utama materi kuliah umumnya. "Hari ini saya akan membawakan lima poin utama. Pertama, perkembangan ekonomi terkini, pengertian dan filosofi APBN, kebijakan fiskal dan APBN, kemudian APBN 2016 dan APBNP 2017, terakhir reformasi struktural," ungkapnya. (fi/as)