Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Masa Depan, Bangun Sekarang!

Jakarta, 26/07/2017 Kemenkeu – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Menkeu) menegaskan bahwa Indonesia perlu membangun masa depannya mulai dari sekarang.

“Indonesia has a future. Untuk bisa mendapatkan masa depan yang baik, we need to build it now!” tegasnya pada acara Supermentor20 dengan tema Indonesia’s Great Prosperity Ahead: Will It Happen? Will It Be Yours? di Ballroom Djakarta Theater XXI, Jakarta pada Selasa, (25/07).

Ia menyatakan, dalam rangka membangun masa depan tersebut, diperlukan dana APBN yang tidak sedikit atau tidak ada yang gratis. Oleh karena itu ia mengingatkan ke semua yang hadir perlunya kesadaran membayar pajak.

“Kita harus membangunnya dari sekarang. Memang besar biayanya. Tapi tidak ada impian yang tercapai (secara) gratis. Mental gratisan adalah mental yang sangat buruk. Di Republik ada cukup banyak yang punya mental seperti itu. Semuanya mau gratis. (Kita perlu) alokasi pajak dari mereka yang mampu untuk membangun investasi mereka yang tertinggal. Negara harus mengumpulkan pajak. Sekecil apapun pendapatan Anda, Anda harus melaporkan pajak Anda. If you don’t care about your country, jangan pernah expect orang lain akan care about your country,” tegasnya.

Selain diperlukan pendapatan negara dari pajak, apabila dana untuk membangun masa depan tersebut belum tercukupi, ia sebagai Menteri Keuangan mencari alternatif seperti melakukan pinjaman untuk kegiatan produktif yang menstimulus pertumbuhan ekonomi.

“Ngga ada penerimaan pajak, Anda akan complaint so much. Tapi kalau masih kurang, sometimes we have to borrow. Bukan karena saya hobi, tapi kita tahu bahwa investing in human capital cannot wait. Sometimes you need to borrow but not for partying. Anda pinjem karena saya invest, dan invest itu untuk membuat ekonomi jalan. That’s what you call it responsible borrowing,” pungkasnya. (nr/rsa)