Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan arahannya kepada 366 pejabat Eselon III yang dilantik di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan pada Rabu (09/05).

Menkeu Minta 366 Pejabat Eselon III Baru Menjadi Role Model Organisasi

Jakarta, 09/05/2018 Kemenkeu - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto hari ini melantik pejabat eselon III di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Rabu (09/05).

Pada pelantikan ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan arahannya kepada para pejabat yang dilantik. Menkeu mengingatkan bahwa posisi eselon III adalah sebuah posisi kunci penentu institusi di mana kita bekerja itu menjadi baik atau buruk. "Kelompok Eselon III sebagai manajer di tengah yang merupakan inti dari organisasi itu menjadi sangat penting. Anda yang cukup dekat dan cukup mampu untuk melihat langsung tingkah laku dan kinerja anak buah kita adalah yang memiliki tanggung jawab besar untuk bisa menjadi role model, mengawasi, mengayomi, membimbing, namun juga menegur dan kalau bisa mencegah," pesan Menkeu.

Menkeu juga memberikan pesan secara khusus kepada para pejabat di lingkungan DJP. "Seluruh Eselon III di Direktorat Jenderal Pajak menjadi motor penggerak utama untuk menjalankan reformasi mengubah kultur organisasi menjadi kultur organisasi yang melayani memiliki integritas profesional bisa bersinergi di dalam maupun di luar," tegas Menkeu.

Sementara itu, kepada pejabat di lingkungan DJKN, Menkeu berharap agar tahun ini dapat diselesaikan revaluasi barang milik negara secara lengkap dan kredibel. "Saya harap di DJKN, para Eselon III nya akan mampu menjadi motor penggerak di dalam reformasi cara pengelolaan dan penggunaan barang milik negara agar mampu menghasilkan nilai dan manfaat bagi masyarakat dan ekonomi," ujar Menkeu.

Sementara kepada pejabat di lingkungan DJPB, Menkeu berpesan agar dilakukan simplifikasi proses pencairan anggaran dan proses akuntabilitas. "Jangan hanya membuat presentasi simplifikasi tapi setiap harinya mengerjakan pekerjaan business as ussual. Maka reformasi ini hanya akan bisa berjalan apabila pejabat Eselon III konsisten dan disiplin, melakukan terus cara mempermudah Kementerian, Lembaga, Satker dan Pemerintah Daerah bisa menjalankan fungsinya tanpa dibebani terlalu berlebihan dari sisi pelaporan," harapnya.

Kepada para pejabat di Setjen, Menkeu mengharapkan agar selalu berinovasi menyederhanakan proses bisnis di Kemenkeu menjadi jauh lebih efisien dan efektif. "Saya berharap para pejabat Eselon III ini adalah mereka yang terus tidak henti-hentinya memikirkan reformasi. Bagaimana menyederhanakan proses, bagaimana memperbarui bisnis proses yang efisien, bagaimana secara inovatif mengurangi inefisiensi, bagaimana kita bisa menciptakan ruangan dan lingkungan kerja yang baik sehingga kita semua merasa suka dan penuh dengan dedikasi melakukan tugasnya untuk menjalankan tanggung jawab kita," tukasnya.

Menkeu menutup sambutannya dengan berpesan kepada para pejabat Eselon III yang baru saja dilantik untuk tidak saja mengetahui mengenai aturan tetapi juga menjadi role model yang memiliki etika dalam memimpin organisasi. "Saya titip organisasi Kemenkeu untuk dijaga. Anda tetap memiliki fokus loyalitas dan dedikasi yang sangat jelas sesuai dengan sumpah jabatan yang baru saja anda ucapkan di hadapan yang Maha Kuasa. Anda membacakan itu tidak untuk Menteri, tidak untuk Sekjen tapi itu adalah dihadapan Tuhan yang menciptakan anda. Jadi itu adalah kontrak Anda yang abadi. Saya harap janji itu dipegang dan anda tidak menghianatinya," pungkasnya. (ip/ind/rsa)

Download Siaran Pers: Pelantikan Pejabat Eselon III di Lingkungan Kemenkeu