Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Optimis Target Pertumbuhan Ekonomi 2011 Tercapai

 

Jakarta, 17/02/2011 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo optimis target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2011 yang sebesar 6,4% dapar tercapai. Hal ini ia sampaikan usai melantik Direktur Jenderal Anggaran dan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan pada Rabu (16/02) di Aula Djuanda, Kementerian Keuangan, Jakarta.

Untuk kuartal pertama 2011, pemerintah memperkirakan pertumbuhan dapat mencapai antara 6,4% sampai dengan 6,6%. “Kita ada di track yang betul dan semoga itu (pertumbuhan ekonomi 6,4%) bisa kita capai,” ujar Menkeu.

Namun demikian, upaya pemerintah untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 6,4% tersebut bukan tanpa kendala. Adanya inflasi dan kecenderungan peningkatan harga pangan dunia merupakan tantangan jangka pendek yang harus segera diatasi. “Inflasi bisa membuat daya beli masyarakat menurun. Kita harus berupaya sebaik mungkin untuk bisa menjaga agar inflasi terkendali,” jelas Menkeu. Sementara itu, peningkatan harga minyak merupakan tantangan jangka menengah yang juga harus diwaspadai.

Untuk itu, Menkeu mengajak semua pemangku kepentingan, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk dapat berinteraksi secara positif menghindari semua hambatan yang ada, serta melakukan pengelolaan anggaran secara efisien dan tepat sasaran. “Sehingga bisa memberikan manfaat terbaik bagi rakyat indonesia,” pungkasnya.(nv)