Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Optimistis Laju Investasi Capai Target APBN-P Tahun Ini

Jakarta, 25/07/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri optimistis investasi di Indonesia tahun ini dapat mencapai target yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013, yaitu sebesar Rp390,3 triliun meskipun pada semester I-2013 realisasinya belum baru mencapai 49,4 persen atau sebesar Rp192,8 triliun.

Pemerintah, menurut Menkeu, terus memperbaiki birokrasi yang menghambat masuknya investasi ke Indonesia, sehingga pada semester II tahun ini investasi diharapkan dapat terakselerasi dengan baik. "Tantangannya memang agak berat, tapi kami mau berusaha, makanya yang DNI (Daftar Negatif Investasi) mau dipercepat, simplifikasi peraturan, easy doing bisnis mau jadi quick win nasional, supaya dengan gitu bisa lebih cepat," ujarnya di kantor Wakil Presiden, Jakarta pada Rabu (24/7).

Menkeu menambahkan, saat ini banyak investasi yang mengantre masuk ke Indonesia. Hal tersebut menjadi alasan optimisme investasi masih akan tinggi pada tahun ini. "Tapi di sisi lain masih ada alasan untuk optimis, karena stock investment kita itu Rp1.200 triliun yang di pipe line. Yang sudah kepakai Rp313 triliun, tahun ini sudah kepakai Rp120 triliun, jadi sebenernya dari stock itu ada. Kalau regulasinya digampangin aja, pertumbuhannya kita bisa sampai," tuturnya.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM),  realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada semester I tahun ini naik sebesar 31 persen dibanding tahun lalu. Sementara itu, Penanaman Modal Asing (PMA) sepanjang semester I tahun ini terealisasi sebesar Rp 132,2 triliun.(rja)