Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Capai 6 Persen

Jakarta, 25/03/2014 MoF (Fiscal) News – Pemerintah optimis target pertumbuhan ekonomi tahun 2014 masih relevan dengan kondisi saat ini. Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri masih optimistis target pertumbuhan ekonomi tahun ini mencapai 5,8 hingga 6,0 persen.


"Untuk saat ini kami tetap optimistis target pertumbuhan ekonomi mencapai 5,8 persen hingga 6,0 persen, masalah APBN-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan) nanti saja pasti akan dibahas," jelas Menkeu di Jakarta, Senin (24/3). Menurut Menkeu, Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilangsungkan tahun ini akan memberikan kontribusi sekitar 0,2 persen pada pertumbuhan ekonomi. "Sumbangan Pemilu lumayan, karena belanja iklan pasti naik, kalau belanja naik, demand pasti naik," katanya.


Selain itu, Menkeu mengaku tidak mengkhawatirkan revisi pertumbuhan yang dilakukan  Bank Indonesia (BI). Sebelumnya, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2014 ini akan berada pada kisaran 5,5 sampai 5,9 persen, karena pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan lebih rendah dari perkiraan semula. Hal ini akibat terbatasnya pengaruh Pemilu 2014 dibandingkan periode-periode Pemilu sebelumnya. "(Target) Kita (pemerintah) masih 5,8 persen sampai enam persen. BI kan 5,5 persen sampai 5,9 persen, jadi angka pemerintah masuk di situ," jelas Menkeu.(nic)