Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Paparkan Arah Kebijakan Ekonomi 2017

Jakarta, 15/07/2016 Kemenkeu - Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2017 mengangkat tema “Memacu Pembangungan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja serta Mengurangi Kemiskinan dan Kesenjangan Antarwilayah.”

Sejalan dengan hal tersebut, menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, arah kebijakan ekonomi 2017 akan dilakukan melalui akselerasi pertumbuhan ekonomi, stabilitas ketahanan ekonomi, perbaikan kesejahteraan, penanganan masalah pangan, dan ketahanan fiskal. Hal tersebut ia ungkapkan dalam Rapat Kerja Pemerintah dan  Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat untuk membahas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2017 serta usulan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017 pada Kamis (14/07) di Ruang Rapat Komisi XI DPR, Jakarta.

Lebih lanjut ia menerangkan, ada beberapa tantangan yang dihadapi Indonesia pada tahun 2017 mendatang. Beberapa tantangan tersebut antara lain ketidakpastian ekonomi global, ketatnya likuiditas global, rendahnya harga komoditas dan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Dan disisi lain kendala daya saing, infrastruktur, masih rendahnya inovasi, kesenjangan ekonomi, kedaulatan pangan, dan masih tingginya cost of fund,” jelasnya.(nv)