Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Peluncuran SPAN Milestone Reformasi Keuangan Negara

Jakarta, 11/11/2015 Kemenkeu - Peluncuran Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) oleh Presiden Joko Widodo pada April 2015 lalu merupakan salah satu milestone bagi agenda reformasi pengelolaan keuangan negara di Indonesia.

“Kami bangga saat Presiden Joko Widodo meluncurkan SPAN di Istana Negara pada 29 April 2015. Peluncuran SPAN adalah salah satu milestone untuk agenda reformasi pengelolaan keuangan negara kita,” ungkap Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam seminar internasional bertema ‘Unleashing the Potential of FMIS (Financial Management Information System) for Improved Government Effectiveness’ di Aula Dhanapala, Jakarta pada Rabu (11/11).

Seperti diketahui, Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara telah diberi mandat untuk membangun sistem keuangan negara yang lebih transparan dan akuntabel. “Ini bukan tugas mudah, (karena) Menteri Keuangan bertanggung jawab atas triliunan rupiah penerimaan dan belanja negara yang harus dikumpulkan, diproses, dan dikelola secara akurat dan tepat waktu,” ungkap Menkeu.

Untuk meningkatkan sistem pengelolaan keuangan negara itulah, pemerintah memutuskan untuk mengembangkan SPAN. “Untuk meningkatkan sistem pengelolaan keuangan kita, kami memutuskan untuk mengembangkan SPAN untuk menangani transaksi keuangan pemerintah,” katanya. Selain itu, pengembangan SPAN juga bertujuan untuk mendukung implementasi penuh akuntansi berbasis akrual serta memfasilitasi pelaporan keuangan secara online dan realtime.

Sejak diluncurkan, SPAN telah digunakan oleh Kementerian Keuangan, tepatnya di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Jenderal Anggaran, 182 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dan 33 Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan di seluruh Indonesia. Saat ini, SPAN telah digunakan oleh lebih dari 3.600 pengguna dan melayani sekitar 24 ribu satuan kerja (satker) di seluruh Indonesia.(nv)