Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Pembelian Saham Newmont Taati Perundangan

 

Jakarta, 02/06/2011 MoF (Fiscal) News - Keputusan pemerintah untuk membeli saham divestasi PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT) sebesar 7 persen melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP), dilakukan semata-mata demi kepentingan nasional dan kemanfaatan dengan tujuan agar dapat dinikmati oleh bangsa dan negara. Investasi Pemerintah pada NNT diharapkan dapat mengoptimalkan penerimaan negara dari deviden, pajak dan royalti. Pembelian divestasi saham NNT sudah mengikuti perundang-undangan yang berlaku,” tegas Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo, saat Rapat Kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung DPR Senayan, Jakarta pada Rabu (01/06) malam.

Menkeu mengatakan, pemerintah sangat menghargai fungsi DPR sebagaimana
diamanatkan pada Undang-Undang Dasar yang meliputi fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. ''Terkait dengan perlu tidaknya persetujuan DPR dalam melakukan investasi pemerintah, pemerintah memandang bahwa berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang telah kami sebutkan, persetujuan DPR untuk pembelian saham oleh PIP tidak diperlukan,'' ujar Menkeu.

Pembelian saham divestasi NNT oleh PIP telah dilakukan dengan
didasarkan pada kajian manfaat ekonomi serta manfaat lainnya terhadap investasi yang bersangkutan. Menurut Menkeu, secara historis, NNT memiliki kinerja keuangan yang baik dengan profitabilitas yang cukup tinggi, baik dihitung berdasarkan operating profit margin, net profit margin dan return on asset maupun return on equity. ''Tingginya profitabilitas yang dihasilkan tersebut, menunjukkan kapasitas dan kapabilitas perusahaan dalam menjalankan operasionalnya,'' tukas Menkeu.

Dalam hal ini, Menkeu menegaskan, pembelian saham tersebut tidak
akan mengganggu alokasi anggaran Pemerintah Pusat. ''Pemerintah pusat melalui PIP telah memiliki dana untuk membeli 7 persen saham divestasi tersebut, tanpa mengorbankan anggaran yang ada dan tidak bergantung pada pihak lain,'' pungkas Menkeu. (sgd)

 

Berikut pidato lengkap Menteri Keuangan saat penyampaiannya di depan DPR : Pidato Menteri Keuangan Terkati Newmont