Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Pemerintah Peduli Kebudayaan dan Seni

Jogyakarta, 26/07/2019 Kemenkeu - Pemerintah memberikan perhatian pada kehidupan kebudayaan dan seni dengan membentuk Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Selain itu, dalam anggaran Transfer ke Daerah terdapat elemen yang mendukung agar pemerintah daerah juga peduli terhadap kebudayaan dan seni. 

"Kita berharap dengan gerakan yang sama antara pemerintah dan dunia artis itu sendiri dan stakeholders besar dan para foundation akan dapat memperkuat tidak hanya kepeduliannya tapi juga posisi Indonesia dalam peta dunia merupakan sesuatu yang sangat penting bagi peningkatkan martabat kita sebagai suatu bangsa. Presiden telah menyampaikan untuk membuat semacam dana abadi untuk kebudayaan dan seni, dan tugas saya sebagai Menteri Keuangan untuk mewujudkannya,"  ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam acara peresmian pembukaan Artjog Festival 2019 pada Kamis, (25/07).

Ia mengapresiasi Artjog yang sudah 11 tahun diselenggarakan. Event ini menjadi menjadi ajang bagi seluruh stakeholder seni untuk berinteraksi.

"Suatu gerakan yang konsisten bagi kita semua untuk membuat ekosistem mengenai seni di Indonesia yang makin kuat," tuturnya bangga.

 

Dalam acara yang bertema "Art in Common : Common Space ini, juga  diberikan penghargaan bagi para artis seniman muda berbakat di bawah usia 35 tahun dengan hasil karya mereka yang turut dipamerkan. 

"Saya selalu mengagumi setiap hasil karya dari para artis dalam berbagai bentuk, karena di dalam seni tidak ada yang disebutkan mana yang terbaik, mana yang benar atau salah. Jadi, seni merupakan suatu ekspresi yang sifatnya demokratis. Semua memiliki interpretasi sendiri-sendiri. Buat saya itu adalah environment yang membuat kita senantiasa refresh, sebagai Menteri Keuangan saya perlu itu. Jadi, tidak selalu melihat angka, melihat APBN terus," kata menkeu diiringi tepuk tangan riuh para tamu undangan yang hadir.

(hpy/nr/ds)