Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Pemerintah Pertajam Kebijakan Antisipasi Krisis

Jakarta, 04/10/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan M. Chatib Basri menyatakan bahwa pemerintah akan mempertajam paket kebijakan antisipasi krisis ekonomi global yang telah dikeluarkan presiden pada Agustus lalu.

Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan menyelesaikan revisi Daftar Negatif Investasi (DNI) yang saat ini sedang difinalisasi. "Pokoknya tidak akan lebih restriktif dari yang lama dan sektornya akan lebih terbuka,  dan yang harus berjalan itu simplifikasi perizinan," ujar Menkeu di Jakarta, Kamis (3/10).

Selain itu, Instruksi Presiden mengenai petunjuk pelaksanaan penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) telah dikeluarkan.  Peraturan Pemerintah (PP) terkait dengan pengenaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) juga akan segera dikeluarkan pada Bulan Oktober. "PP kan harus kita selesaikan, yang PPnBM jadwalnya kan memang Oktober karena harus konsultasi," tuturnya.

Pemerintah, lanjutnya, juga telah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi lainnya jika memang diperlukan. "Kita lihat langkah-langkah baru kalau dibutuhkan, sebenarnya itu sudah di-prepare kalau dosisnya perlu ditambah ya itu akan dikeluarkan," kata Menkeu.(rja)