Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Penerimaan Negara 2011 Capai 102%



Jakarta, 02/01/2012 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menyambut baik penerimaan negara yang mencapai 102% pada tahun 2011. Penerimaan tersebut merupakan kombinasi dari Penerimaan Pajak, Cukai, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Demikian disampaikan Menkeu saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta pada Senin (2/1).

Kontribusi penerimaan negara terbesar bersumber dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). "Bea Cukai bisa berkontribusi lebih dari (target penerimaan) anggaran, dan juga PNBP. Ke depan kita harapkan ada pertumbuhan yang lebih baik," ujar Menkeu.

Sementara itu, Menkeu berharap agar penyerapan belanja dapat terus ditingkatkan. Pemerintah optimis, dengan adanya koordinasi untuk merealisasikan penyerapan, belanja modal akan terserap dengan baik. "Bahkan presiden sendiri sudah meminta Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) untuk terlibat monitoring, dan dimulai dari yang paling dasar, lihat regulasi, meyakinkan kuasa pemegang anggaran sudah ditunjuk, dan itu dievaluasi setiap empat bulan," pungkas Menkeu.
(sgd)